Senin, 04 April 2011

kuliner di malang

Bakso Kota Cak Man Kuliner Kota Malang

Jika orang mengenal rendang Padang, pempek Palembang, dan gudeg Jogya, maka untuk bakso, masyarakat akan mengatakan ada dua jenis, yakni bakso-Malang dan bakso-Solo.
Memang sejak lama kedua daerah ini dikenal dengan makanan khasnya berupa bakso, terutama Malang. Berbicara mengenai bakso-Malang, ada beberapa nama usaha bakso yang pernah dikenal masyarakat, namun untuk kurun waktu sepuluh tahun belakangan ini orang akan mengatakan "BaksoKota Cak Man" telah memiliki brand-name yang kuat.

Bakso Cak Man Masuk MURI

Bakso Cak Man masuk MURI sebagai Bakso Terbesar

(08/07/2007) Bakso berdiameter 1,65 meter dan keliling 4,64 meter buatan Cak Man, penjual bakso dari Malang, Jawa Timur, Minggu, tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) karena menjadi bakso terbesar yang selama ini dibuat di Indonesia. Sertifikat MURI untuk bakso raksasa tersebut diserahkan lakukan Manager MURI, Paulus Pangka, pada acara yang juga diwarnai dengan lomba makan bakso.
"Saya ingin menunjukkan keahlian saya membuat bakso," kata Cak Man, pemilik unit usaha "Bakso Kota" di berbagai daerah di Indonesia, di sela-sela pemecahan rekor MURI di Internastional Trade Center (ITC) Mega Grosir Surabaya.
Cak Man, yang menekuni usaha bakso sekitar 27 tahun, mengemukakan bahwa untuk membuat bakso raksasa tersebut dibutuhkan waktu dua hari, sedangkan tahap pengerjaan dibantu 12 karyawannya di Workshop Bakso Kota di Malang. Biaya pembuatan bakso tanpa bahan pengawet tersebut, menurut dia, menghabiskan dana senilai Rp50 juta. Sementara itu, acara pemecahan rekor bakso terbesar di dunia itu dimeriahkan juga dengan lomba makan bakso yang diikuti orang dewasa dan anak-anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar